Previous Frame Next Frame
  • Visi & Misi

    Layanan Keuangan Dan Perbankan Yang Mudah

    * Membantu Dan Meningkatkan Kualitas Hidup
    * Stabil Dan Saling Menguntungkan
  • Rekan Kerja Yang Baik & Ramah Dan Siap Melayani

    * Rekan Kerja Yang Siap Dan Membantu
  • Energik & Dinamis

    Teknologi Informasi Yang Berlaku

    * Aplikasi Yang Mudah dDigunakan
    * Sistem Keamanan 3D
    * Sentuhan Teknologi Yang Bersahabat

SEJARAH PT. USAHA KARYA BINA MANDIRI

PT Usaha Karya Bina Mandiri (Ukabima)merupakan Perusahaan Mandiri yang didirikan pada bulan Maret 1996 dengan dukungan Catholic Relief Service (CRS) di bawah Proyek Inovasi Microenterprise yang didanai oleh United States Agency for International Development (USAID) Ukabima saat ini dimiliki oleh lima pemegang saham yang mewakili sektor-sektor masyarakat Indonesia. Setiap pemegang saham berkomitmen untuk mencapai tujuan perusahaan yaitu keuangan yang stabil dan memastikan dukungan terus menerus untuk meningkatkan taraf sosial di antara klien dan komunitas yang bekerja sama dengan Ukabima. Tujuan utamanya adalah memberdayakan kaum miskin Indonesia, khususnya perempuan, melalui inisiatif keuangan mikro. Itu adalah visi yang tidak begitu populer di lingkungan ekonomi yang ada sekarang.  Ukabima bekerja dengan BPR untuk menyediakan layanan finansial dan non finansial kepada masyarakat miskin Indonesia dengan memfokuskan pada perempuan miskin melalui PROYEK KUSUMA, teknologi informasi melalui sistem FISA dan menilai MFI melalui KOMODO RATING and TRAINING. BPR adalah mitra yang sempurna karena mereka berbagi misi UKABIMA atau mempromosikan kebanggaan dan martabat manusia dengan mengembangkan prinsip-prinsip keuangan partisipatif dan independen.


Tujuan bisnis lima tahun Ukabima

Ukabima berusaha untuk menjadi pemain utama dalam industri keuangan mikro dan untuk memenuhi misi sosialnya melalui pengelolaan jaringan BPRS yang resmikan secara sosial di Indonesia. Pada tahun 2008, perusahaan menetapkan tujuan lima tahunnya (2008-2013) sebagai berikut:

  • Untuk melanjutkan dan memperluas proyek KUSUMA di banyak Jaringan BPR UKABIMA dalam mencapai misi untuk menjangkau orang miskin diantara yang paling miskin
  • Untuk memperluas kepemilikan di BPR di Sumatra, Kalimantan, Jawa, dll dengan memiliki lebih banyak BPR, KUSUMA harus diterapkan dengan mudah oleh kelompok BPR UKABIMA.
  • Untuk menjangkau 15.000 klien KUSUMA yang akan menjadi wanita melalui BPR.
  • Memperluas layanan pelatihan kepada BPR di Indonesia dengan memberikan pelatihan khusus tergantung pada kebutuhan BPR.
  • Mengacu MFI melalui KOMODO RATING
  • Jual Sistem FISA ke BPR

Visi kami

Memberdayakan kaum miskin terutama perempuan miskin di daerah pedesaan untuk lebih mengendalikan hidup mereka sendiri dan secara signifikan meningkatkan standar atau kehidupan mereka dengan meningkatkan kesempatan mereka untuk menghasilkan investasi ekonomi yang produktif.

Misi Kami

Bisnis kami adalah untuk mempromosikan martabat manusia melalui pengembangan lembaga keuangan partisipatif yang mandiri.

Kami percaya bahwa orang diciptakan sama dan harus diperlakukan dengan adil. Kaum miskin, terutama perempuan miskin adalah pembisnis yang layak seperti orang lainnya dan mereka layak mendapatkan akses terhadap layanan keuangan dengan cara yang benar.

Kami percaya bahwa kami harus memberikan layanan dan kinerja berkualitas tinggi sebagai tanggung jawab kami kepada pemegang saham.

Kami percaya bahwa dengan mencapai dan mempertahankan kelayakan finansial, kami dapat terus mewujudkan visi dan misi kami.

Nilai-Nilai Luhur

  • Integritas
  • Kerja Tim
  • Kejujuran
  • partisipatif
  • Tidak Berhenti Belajar

PEMEGANG SAHAM DAN MITRA

Ukabima saat ini memiliki lima pemegang saham, yang masing-masing merupakan warga negara Indonesia. Pemegang saham berasal dari berbagai sektor bisnis masyarakat Indonesia setempat, komunitas religius dan memiliki sejarah hubungan kerja yang kuat dengan investor utama Ukabima Chatolic Relieft Service (CRS)


MITRA UKABIMA

Ukabima bekerja sama dengan mitra lokal dan internasional berikut untuk mengelola dan mendukung jaringan BPR-nya


MITRA LOKAL

  • Bank Andara
  • Asosiasi BPR nasional dan Bank Indonesia

MITRA INTERNASIONAL

  • CRS's Microfinance Unit
  • Association of national BPRs and the Bank of Indonesia
  • Mercy Corps
  • MICRA
  • ADB - SMEC

SERVIS & PRODUK

Ukabima memiliki lima departemen - Departemen Audit dan Penilaian, Departemen Kusuma, Departemen Keuangan, Departemen Teknologi Informasi, dan Departemen Pelatihan.

Departemen Audit dan Penilaian

Kunci dari departemen Audit dan Penilaian adalah untuk memastikan kesehatan BPR. Setelah menentukan bahwa sistem yang ada tidak memadai, departemen tersebut mengembangkan metode baru untuk menangkap data keuangan yang unik untuk BPR, dan juga cara untuk mengukur dampak sosial mereka. Pencapaian ini memungkinkan Ukabima untuk lebih akurat menganalisis Kinerja BPR.

Proyek Kusuma

Departemen Kusuma mengawasi manajemen hubungan pelanggan dan pemasaran Kusuma. "KUSUMA" adalah landasan kelompok yang ingin mencoba melakukan bisnis sendiri mulai dalam skala kecil terutama bagi wanita.

Keuangan & Akuntansi

Departemen Keuangan mengawasi investasi dan arus kas Ukabima, dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perusahaan tersebut efisien dan produktif. Departemen ini menyediakan analisis keuangan reguler untuk memastikan operasi perusahaan sesuai dengan anggarannya dan menentukan penggunaan terbaik untuk uang yang ada.

Teknologi Informasi

Salah satu pencapaian utama TI adalah mengembangkan perangkat lunak Aplikasi Sistem Informasi Terintegrasi (FISA) untuk menggantikan MFI2000. Perangkat lunak FISA dikembangkan oleh internal IT PT Usaha Karya Bina Mandiri (UKABIMA) yang telah diimplementasikan ke BPR yang dimiliki oleh UKABIMA.

Pelatihan

Kunci peran dari departemen Pelatihan adalah untuk membangun BPR Ukabima menjadi yang terbaik. Departemen ini mengembangkan sejumlah modul pelatihan di berbagai bidang, termasuk operasi BPR, keahlian menjual, perencanaan bisnis, audit internal, pengelolaan dan akuntansi pertanggungjawaban aset, dan lain-lain. Keahlian teknis dan pelatihan Ukabima adalah warisan unik di India dimana emand untuk jenis pengetahuan ini adalah pertumbuhan.

Kegiatan